Lainnya

Pada kesempatan ini saya akan bercerita mengenai pengalaman pertama saya membayar pajak kendaraan melalui Bank Sulselbar. Ini bukan endorse atau promosi, hanya sekedar ingin berbagi pengalaman yang cukup memudahkan saya untuk membayar pajak. Pajak yang saya bayar adalah pajak kendaraan roda 2, berhubung saya memiliki rekening Bank Sulselbar & telah mengaktifkan Mobile Banking maka saya putuskan untuk mencobanya. Adapun langkah-langkah yang saya lakukan ialah

  1. Langkah pertama tentu saja masuk ke akun Mobile Banking Sulsebar
Login sulselbar
  1. Selanjutnya pilih menu Pembayaran
Beranda sulselbar
  1. Pada menu pembayaran, terdapat banyak menu pembayaran. Untuk melakukan pembayaran pajak melalui Mobile Banking, pilih Generate Kode Bayar Samsat.
Menu pembayaran sulselbar
  1. Tahap selanjutnya adalah mengisi formulir informasi kendaraan dan pemilik. Untuk wilayah, sesuaikan dengan wilayah registrasi kendaraan.
Form pajak sulselbar
  1. Setelah proses pembayaran selesai, maka akan tampil bukti atau resi pembayaran pajak. Dalam bukti pembayaran, terdapat informasi dari nama pemilik, alamat, informasi kendaraan, jumlah pajak dan yang terpenting ialah Kode Bayar. Kode Bayar inilah yang nantinya digunakan oleh Samsat untuk mengecek validasi pembayaran.
Bukti bayar pajak

Setelah proyes pembayaran selesai, proses selanjutnya ialah pergi ke Samsat terdekat untuk melakukan pencetakan notice pajak dan legalitas pembayaran pajak yang telah kita lakukan. Adapun berkas yang saya bawa waktu itu ialah fotocopy STNK dan KTP beserta struk pembayaran bank yang saya cetak dengan printer.

Contoh notice pajak ( http://b4mb4ngind4rt0.blogspot.com/ )

Beberapa hal yang saya rasakan saat membayar pajak melalui layanan pembayaran secara online. Pertama, jumlah yang dibayarkan sesuai dengan jumlah pembayaran yang tertera dari BOT BAPENDA Sulawesi Selatan melalui Telegram. Kedua dan yang paling penting ialah waktu proses di Samsat menjadi sangat singkat, tidak lebih dari 5 menit STNK saya sudah selesai. Hal inilah yang menjadi alasan saya untuk menyarankan teman-teman untuk membayar pajak kendaraan secara online, baik itu melalui Bank Sulselbar atau melalui beberapa merchant yang telah bekerja sama dengan Bapenda Provinsi Sulawesi Selatan. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi teman-teman yang berdomisili di wilayah Sulsel dan ingin membayar pajak kendaraannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment